Maandag 01 Julie 2013

tugas akhir semester


Assalamu’alaikum wr. wb. Pak Saya sudah memposting tugas Saya di blog dan ini alamat blog Saya : NurcahyaniKarim.blogspot.com
Berikut lampirannya :

TUGAS AKHIR SEMESTER

Nama                          : Nurcahyani Karim
NIM                            : 11.2.3.060
Jurusan/Prodi            : Tarbiyah/PAI 2 semester IV (empat)
Mata Kuliah              : Teknologi Pendidikan
Alamat Blog               : NurcahyaniKarim.blogspot.com

Landasan falsafah teknologi pendidikan yaitu ontologi (apa?), epistemologi (bagaimana?) dan aksiologi (untuk apa?). Definisi dari teknologi pendidikan itu sendiri yaitu :
1.      Tahun 1920 teknologi pendidikan dipandang sebagai media
2.      Tahun 1963 teknologi pendidikan merupakan komunikasi audio-visual
3.      Tahun 1971 teknologi pendidikan merupakan studi sistematik
4.      Tahun 1972 teknologi pendidikan adalah suatu bidang yang berkepentingan dengan memfasilitasi belajar pada manusia
5.      Tahun 1977 teknologi pendidikan adalah proses kompleks yang terintegrasi
6.      Tahun 1999 teknologi pendidikan merupakan penelitian dan aplikasi ilmu, prilaku dan teori belajar
7.      Tahun 2004 teknologi pendidikan merupakan studi dan praktek etis
Kawasan/domain teknologi pendidikan yaitu desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian. Teknologi pendidikan sebagai Konstruk Teoritik  yaitu fakta yang ada dalam dunia pendidikan, Bidang Garapan yaitu pemecahan masalah-masalah pendidikan yang berkaitan dengan ke lima kawasan teknologi pendidikan, dan Profesi yaitu para pelaksana/pelaku (Ilmuan, teknologi, teknisi). Disiplin ilmu yang mendukung perkembangan teknologi pendidikan yaitu Landasan falsafah, Landasan teori ilmu perilaku (psikologi), Landasan teori ilmu komunikasi dan Landasan teori ilmu-ilmu lain (A.A. Lumsdaine, Robert Morgan, Donald. P. Ely, Barbara). Hakekat teknologi pendidikan adalah teori dan praktek perancangan, pengembangan, pemanfaatan, manajemen dan evaluasi terhadap proses-proses dan sumber-sumber untuk belajar.
Aplikasi teknologi pendidikan di era global yaitu :
1.        Teknologi audio yaitu pilihan teknologi interaktif yang sederhana adalah telepon. Sebagai media komunikasi telepon dapat dimanfaatkan untuk tujuan pendidikan dan belajar.
2.        Teknologi audio data yaitu Perpaduan kemampuan audio dari telepon dan kemampuan data komputer telah melahirkan aplikasi belajar jarak jauh yang disebut audiografis. Di sini telepon digunakan untuk interaksi dua arah sedangkan komputer digunakan untuk berbagai bahan grafis dan memungkinkan dilaksanakannya kerja bersama di antara para peserta didik.
3.        Teknologi video yaitu teknologi yang masuk dalam kategori ini adalah kaset video, siaran video satu arah, video on demand, video dan CBT, dan video dua arah.
4.        Computer conferencing yaitu adalah istilah umum yang digunakan untuk memayungi berbagai penerapan teknologi komputer yang menunjang komunikasi antar manusia.
5.         Pendidikan dan pelatihan internet

Masalah-masalah yang sering muncul dalam teknologi pendidikan yaitu Komputer, Kurikulum, Buku, Gambar, dan lain-lain. Solusinya yaitu tinggal dari pendidiknya sendiri yang memaksimalkan metode belajarnya. Bagaimana strategi/metode belajarnya agar dapat merangsang potensi belajar peserta didik. Hal ini tergantung dari gurunya, bagaimana mrealisasikan teknologi pendidikan yang ada agar dapat mempermudah pembelajaran. Multimedia pembelajaran komputer yaitu sebagai pengirin dan penerima pesan/ informasi. Multiple Intellegences (Kecerdasan Jamak) dalam Pembelajaran  Berbantuan Komputer yaitu, Kecerdasan Linguistik yaitu kemampuan menggunakan kata secara efektif, Kecerdasan Matematis-Logis yaitu kemampuan menggunakan angka, Kecerdasan Spasial  yaitu kemampuan mengekspresikan dunia spasial-visual, Kecerdasan Kinestetik-Jasmani yaitu keahlian menggunakan seluruh tubuh, Kecerdasan Musikal yaitu kemampuan mengapresiasi berbagai bentuk musik, Kecerdasan Interpersonal yaitu kemampuan memersepsi perasaan orang lain, Kecerdasan Intrapersonal yaitu  kemampuan memahami diri sendiri dan Kecerdasan Naturalis yaitu keahlian mengenali flora dan fauna di lingkungan sekitar.
Ayat yang berhubungan dengan Teknologi Pendidikan :
Q.S Al-Alaq ayat 1-5
ù&tø%$# ÉOó$$Î/ y7În/u Ï%©!$# t,n=y{ ÇÊÈ   t,n=y{ z`»|¡SM}$# ô`ÏB @,n=tã ÇËÈ   ù&tø%$# y7š/uur ãPtø.F{$# ÇÌÈ   Ï%©!$# zO¯=tæ ÉOn=s)ø9$$Î/ ÇÍÈ   zO¯=tæ z`»|¡SM}$# $tB óOs9 ÷Ls>÷ètƒ ÇÎÈ    
Artinya :
bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”
Kata al-qalam adalah simbol transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi, nilai dan keterampilan dari satu generasi kegenerasi berikutnya. Kata ini menjadi simbol abadi sejak manusia mengenal baca tulis hingga dewasa ini. Proses transfer budaya dan peradaban tidak akan terjadi tanpa peran penting tradisi tulis-menulis yang dilambangkan dengan al-qalam.

Hadis yang berhubngan dengan Teknologi Pendidikan :
Hadits tentang Media Pembelajaran :
عَنْ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : خَطَّ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَطَّا مُرَبَّعًا ,
 وَخَطَّ خَطًّا فِي الْوَسَطِ خَارِجًا مِنْهُ,وَخَطَّ خُطُطًا صِغَارًا إِلَى هَذَا الَّذِي فِي الْوَسَطِ
 مِنْ جَانِبِهِ الَّذِي فِي الْوَسَطِ, وَقَالَ: (هَذَا الْإِ نْسَانُ, وَهَذَا أَجَلُهُ مُحِيْطَ بِهِ- أَوْ :
قَدْ أَحَاطَ بِهِ وَهَذَا الَّذِي هُوَ خَارِجٌ أَمَلُهُ, وَهَذِهِ الْخُطُطُ الصِّغَارُ الْأَعْرَاضُ,
فَإِنْ أَخْطَأَهُ هَذَا , نَهَشَهُ هَذَا, وَإِنْ أَخْطَأَهُ هَذَا , نَهَشَهُ هَذَا) (رواه البخارى)

Artinya:
“Nabi S.a.w membuat gambar persegi empat, lalu menggambar garis panjang di tengah persegi empat tadi dan keluar melewati batas persegi itu. Kemudian beliau juga membuat garis-garis kecil di dalam persegi tadi, di sampingnya: (persegi yang digambar Nabi). Dan beliau bersabda : “Ini adalah manusia, dan (persegi empat) ini adalah ajal yang mengelilinginya, dan garis (panjang) yang keluar ini, adalah cita-citanya. Dan garis-garis kecil ini adalah penghalang-penghalangnya. Jika tidak (terjebak) dengan (garis) yang ini, maka kena (garis) yang ini. Jika tidak kena (garis) yang itu, maka kena (garis) yang setelahnya. Jika tidak mengenai semua (penghalang) tadi, maka dia pasti tertimpa ketuarentaan.”(HR. Bukhari)

Dalam hadis ini, Beliau menjelaskan garis lurus yang terdapat di dalam gambar adalah manusia, gambar empat persegi yang melingkarinya adalah ajalnya, satu garis lurus yang keluar melewati gambar merupakan harapan dan angan-angannya sementara garis-garis kecil yang ada disekitar garis lurus dalam gambar adalah musibah yang selalu menghadang manusia dalam kehidupannya di dunia.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking