Assalamu’alaikum wr.
wb. Pak Saya sudah memposting tugas Saya di blog dan ini alamat blog Saya :
NurcahyaniKarim.blogspot.com
Berikut lampirannya :
TUGAS
AKHIR SEMESTER
Nama : Nurcahyani Karim
NIM : 11.2.3.060
Jurusan/Prodi : Tarbiyah/PAI 2 semester IV (empat)
Mata
Kuliah : Teknologi Pendidikan
Alamat
Blog :
NurcahyaniKarim.blogspot.com
Landasan falsafah teknologi pendidikan yaitu
ontologi (apa?), epistemologi (bagaimana?) dan aksiologi (untuk apa?). Definisi
dari teknologi pendidikan itu sendiri yaitu :
1.
Tahun 1920 teknologi pendidikan dipandang sebagai media
2. Tahun
1963 teknologi pendidikan merupakan komunikasi audio-visual
3. Tahun
1971 teknologi pendidikan merupakan studi sistematik
4. Tahun
1972 teknologi pendidikan adalah suatu bidang yang berkepentingan
dengan memfasilitasi belajar pada manusia
5. Tahun
1977 teknologi pendidikan adalah proses kompleks yang
terintegrasi
6. Tahun
1999 teknologi pendidikan merupakan penelitian dan aplikasi
ilmu, prilaku dan teori belajar
7. Tahun
2004 teknologi pendidikan merupakan studi dan praktek etis
Kawasan/domain teknologi pendidikan yaitu
desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian. Teknologi
pendidikan sebagai Konstruk
Teoritik yaitu fakta
yang ada dalam dunia pendidikan, Bidang
Garapan yaitu pemecahan masalah-masalah pendidikan yang berkaitan dengan ke
lima kawasan teknologi pendidikan, dan Profesi
yaitu para pelaksana/pelaku (Ilmuan, teknologi, teknisi). Disiplin ilmu yang
mendukung perkembangan teknologi pendidikan yaitu Landasan falsafah, Landasan
teori ilmu perilaku (psikologi), Landasan teori ilmu komunikasi dan Landasan
teori ilmu-ilmu lain (A.A. Lumsdaine, Robert Morgan, Donald. P. Ely, Barbara).
Hakekat teknologi pendidikan adalah teori
dan praktek perancangan, pengembangan, pemanfaatan, manajemen dan evaluasi
terhadap proses-proses dan sumber-sumber untuk belajar.
Aplikasi teknologi pendidikan di era
global yaitu :
1.
Teknologi
audio yaitu pilihan teknologi interaktif yang sederhana adalah telepon.
Sebagai media komunikasi telepon dapat dimanfaatkan untuk tujuan pendidikan dan
belajar.
2.
Teknologi
audio data yaitu Perpaduan kemampuan audio dari telepon
dan kemampuan data komputer telah melahirkan aplikasi belajar jarak jauh yang
disebut audiografis. Di sini telepon digunakan untuk interaksi dua arah
sedangkan komputer digunakan untuk berbagai bahan grafis dan memungkinkan
dilaksanakannya kerja bersama di antara para peserta didik.
3.
Teknologi
video yaitu teknologi yang masuk dalam kategori ini adalah kaset
video, siaran video satu arah, video on demand, video dan CBT, dan video
dua arah.
4.
Computer
conferencing yaitu adalah
istilah umum yang digunakan untuk memayungi berbagai penerapan teknologi komputer
yang menunjang komunikasi antar manusia.
5.
Pendidikan dan pelatihan internet
Masalah-masalah yang sering muncul dalam teknologi
pendidikan yaitu Komputer, Kurikulum, Buku, Gambar, dan
lain-lain. Solusinya yaitu tinggal dari pendidiknya sendiri yang memaksimalkan
metode belajarnya. Bagaimana strategi/metode belajarnya agar dapat merangsang
potensi belajar peserta didik. Hal ini tergantung dari gurunya, bagaimana
mrealisasikan teknologi pendidikan yang ada agar dapat mempermudah
pembelajaran. Multimedia pembelajaran komputer yaitu sebagai pengirin dan
penerima pesan/ informasi. Multiple Intellegences (Kecerdasan Jamak) dalam Pembelajaran Berbantuan Komputer yaitu, Kecerdasan
Linguistik yaitu kemampuan menggunakan kata secara efektif, Kecerdasan
Matematis-Logis yaitu kemampuan menggunakan angka, Kecerdasan Spasial yaitu kemampuan mengekspresikan dunia
spasial-visual, Kecerdasan Kinestetik-Jasmani yaitu keahlian menggunakan
seluruh tubuh, Kecerdasan Musikal yaitu kemampuan mengapresiasi berbagai bentuk
musik, Kecerdasan Interpersonal yaitu kemampuan memersepsi perasaan orang lain,
Kecerdasan Intrapersonal yaitu kemampuan
memahami diri sendiri dan Kecerdasan Naturalis yaitu keahlian mengenali flora
dan fauna di lingkungan sekitar.
Ayat
yang berhubungan dengan Teknologi Pendidikan :
Q.S
Al-Alaq ayat 1-5
ù&tø%$# ÉOó$$Î/ y7În/u Ï%©!$# t,n=y{ ÇÊÈ t,n=y{ z`»|¡SM}$# ô`ÏB @,n=tã ÇËÈ ù&tø%$# y7/uur ãPtø.F{$# ÇÌÈ Ï%©!$# zO¯=tæ ÉOn=s)ø9$$Î/ ÇÍÈ zO¯=tæ z`»|¡SM}$# $tB óOs9 ÷Ls>÷èt ÇÎÈ
Artinya
:
“bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang
Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan
Tuhanmulah yang Maha pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia
mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”
Kata
al-qalam adalah simbol transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi, nilai dan
keterampilan dari satu generasi kegenerasi berikutnya. Kata ini menjadi simbol
abadi sejak manusia mengenal baca tulis hingga dewasa ini. Proses transfer
budaya dan peradaban tidak akan terjadi tanpa peran penting tradisi
tulis-menulis yang dilambangkan dengan al-qalam.
Hadis
yang berhubngan dengan Teknologi Pendidikan :
Hadits tentang Media Pembelajaran
:
عَنْ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : خَطَّ
النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَطَّا مُرَبَّعًا ,
وَخَطَّ
خَطًّا فِي الْوَسَطِ خَارِجًا مِنْهُ,وَخَطَّ خُطُطًا صِغَارًا إِلَى هَذَا
الَّذِي فِي الْوَسَطِ
مِنْ جَانِبِهِ الَّذِي فِي الْوَسَطِ, وَقَالَ: (هَذَا
الْإِ نْسَانُ, وَهَذَا أَجَلُهُ مُحِيْطَ بِهِ- أَوْ :
قَدْ أَحَاطَ بِهِ وَهَذَا الَّذِي هُوَ خَارِجٌ أَمَلُهُ,
وَهَذِهِ الْخُطُطُ الصِّغَارُ الْأَعْرَاضُ,
فَإِنْ أَخْطَأَهُ هَذَا , نَهَشَهُ هَذَا, وَإِنْ أَخْطَأَهُ
هَذَا , نَهَشَهُ هَذَا) (رواه البخارى)
Artinya:
“Nabi S.a.w
membuat gambar persegi empat, lalu menggambar garis panjang di tengah persegi
empat tadi dan keluar melewati batas persegi itu. Kemudian beliau juga membuat
garis-garis kecil di dalam persegi tadi, di sampingnya: (persegi yang digambar Nabi). Dan
beliau bersabda : “Ini adalah manusia, dan (persegi empat) ini adalah ajal yang
mengelilinginya, dan garis (panjang) yang keluar ini, adalah cita-citanya. Dan
garis-garis kecil ini adalah penghalang-penghalangnya. Jika tidak (terjebak)
dengan (garis) yang ini, maka kena (garis) yang ini. Jika tidak kena (garis)
yang itu, maka kena (garis) yang setelahnya. Jika tidak mengenai semua
(penghalang) tadi, maka dia pasti tertimpa ketuarentaan.”(HR. Bukhari)
Dalam hadis ini, Beliau menjelaskan garis lurus yang
terdapat di dalam gambar adalah manusia, gambar empat persegi yang
melingkarinya adalah ajalnya, satu garis lurus yang keluar melewati
gambar merupakan harapan dan angan-angannya sementara garis-garis kecil
yang ada disekitar garis lurus dalam gambar adalah musibah yang selalu
menghadang manusia dalam kehidupannya di dunia.
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking